- Home>
- Assembly , Bahasa Rakitan , Download , Tutorial >
- MEMBUAT MENU SOROT
Posted by : ikaas
Pada kali ini saya akan membahas tentang tutorial Membuat Menu Sorot pada pemrograman dengan menggunakan bahasa assembly, menu-menu yang disajikan oleh program yang besar hampir semuanya dalam bentuk menu sorot. Kini dengan sedikit pengetahuan mengenai memory layar akan kita buat suatu menu sorot yang sederhana. Menu ini bisa dikembangkan atau digunakan untuk program yang anda buat.
berikut adalah langkah langkahnya
berikut adalah langkah langkahnya
- langkah pertama buka dosbox bagi anda yang menggunakan dosbox, atau buka cmd bagi anda yang tidak menggunakan dosbox
- ketik
cd /
d:
cd 1ca/asm
lalu enter dan kemudian klik edit, maka akan tampil seperti dibawah ini - lalu ketikan coding dibawah ini pada layar biru seperti gambar diatas
DELAY MACRO
PUSH CX
XOR CX,CX
LOOP1:
LOOP LOOP1
POP CX
ENDM
GESER MACRO PosY
PUSH AX
PUSH BX
PUSH CX
XOR CX,CX
MOV AL,26
SUB AL,PosY
MOV CL,AL
LOOP2:
MOV AL,BYTE PTR ES:[BX]
MOV BYTE PTR ES: [BX+160], AL
HILANG:
MOV BYTE PTR ES:[BX],' '
DELAY
ADD BX,160
LOOP LOOP2
POP CX
POP BX
POP AX
ENDM
Cls MACRO ; Macro untuk menghapus layar
MOV AX,0600h
XOR CX,CX
MOV DX,184Fh
MOV BH,11 ; Atribut Hijau diatas hitam
INT 10h
ENDM
GotoXY MACRO X,Y ; Macro untuk memindahkan kursor
MOV AH,02
XOR BX,BX
MOV DH,Y
MOV DL,X
INT 10h
ENDM
SimpanL MACRO ; Macro untuk menyimpan seluruh
LOCAL Ulang ; isi layar monitor
MOV AX,0B800h
MOV ES,AX
MOV CX,4000
XOR BX,BX
Ulang:
MOV AL,ES:[BX]
MOV Layar[BX],AL
INC BX
LOOP Ulang
ENDM
BalikL MACRO ; Macro untuk mengembalikan semua
LOCAL Ulang ; isi layar yang telah disimpan
MOV CX,4000
XOR BX,BX
Ulang:
MOV AL,Layar[BX]
MOV ES:[BX],AL
INC BX
LOOP Ulang
ENDM
Sorot MACRO X,Y ; Macro untuk membuat sorotan
LOCAL Ulang ; pada menu
MOV BL,Y
MOV AL,160
MUL BL
MOV BX,AX
MOV AL,X
MOV AH,2
MUL AH
ADD BX,AX
INC BX ; Alamat warna pada posisi X,Y
MOV CX,15 ; Panjangnya sorotan
Ulang:
MOV BYTE PTR ES:[BX],4Fh ; Atribut sorotan
; putih diatas merah
ADD BX,2
LOOP Ulang
ENDM
Readkey MACRO ; Macro untuk membaca masukan dari
MOV AH,00 ; keyboard.
INT 16h ; hasilnya AH=Extended, AL=ASCII
ENDM
MenuL MACRO String ; Macro untuk mencetak menu
MOV AH,09
LEA DX,String
INT 21h
ENDM
.MODEL SMALL
.CODE
ORG 100h
TData: JMP Proses
Layar DB 4000 DUP (?)
Menu DB 9,9,'+=============================+',13,10
DB 9,9,'| >>> MENU SOROT <<< |',13,10
DB 9,9,'+=============================+',13,10
DB 9,9,'| |',13,10
DB 9,9,'| 1. Cetak Karakter Warna |',13,10
DB 9,9,'| 2. Cetak Karakter tak warna |',13,10
DB 9,9,'| 3. Rontok |',13,10
DB 9,9,'| 4. SELESAI |',13,10
DB 9,9,'| |',13,10
DB 9,9,'+=============================+$'
PosX DB 22 ; Posisi kolom mula-mula
PosY DB 12 ; Posisi baris mula-mula
Panah_Atas EQU 72 ; Kode tombol panah atas
Panah_Bawah EQU 80 ; Kode tombolpanah bawah
TEnter EQU 0Dh ; Kode tombol Enter
Proses :
Cls ; Hapus layar
GotoXY 0 8 ; kursor = 0,8
MenuL Menu ; Gambar menu
SimpanL ; Simpan isi layar
Ulang :
BalikL ; Tampilkan isi layar yang disimpan
Sorot PosX,PosY ; Sorot posisi X,Y
Masukan:
Readkey ; Baca masukan dari keyboard
CMP AH,Panah_Bawah ; Panah bawah yang ditekan ?
JE Bawah ; Ya! lompat bawah
CMP AH,Panah_Atas ; Panah atas yang ditekan ?
JE CekY ; Ya, lompat CekY
CMP AL,TEnter ; Tombol enter yang ditekan ?
je pilihan
JNE Masukan ; Bukan, lompat ke ulangi
CekY :
CMP PosY,12 ; Apakah sorotan paling atas ?
JE MaxY ; Ya! lompat ke MaxY
DEC PosY ; Sorotkan ke atas
JMP Ulang ; Lompat ke ulang
MaxY :
MOV PosY,15 ; PosY=Sorotan paling bawah
JMP Ulang ; lompat ke ulang
Bawah :
CMP PosY,15 ; apakah sorotan paling bawah ?
JE NolY ; Ya! lompat ke NolY
INC PosY ; Sorotkan ke bawah
JMP Ulang ; Lompat ke ulang
NolY :
MOV PosY,12 ; Sorotan paling atas
JMP Ulang ; Lompat ke ulang
pilihan:cmp posy,12
je huruf
cmp posy,13
je warna
cmp posy,14
je rontok
cmp posy,15
jmp SELESAI
huruf: cls
gotoxy 25 8
mov ah,02h
mov dl,'A'
mov cx,26
huruf2:
int 21h
add dl,1
loop huruf2
jmp Masukan
Warna: cls
gotoxy 25 10
mov ah,09h
mov bh,00h
mov bl,1
mov cx,26
repwarna:
int 10h
add bl,1
loop repwarna
mov ah,02h
mov dl,'A'
mov cx,26
repwarna2:
int 21h
loop repwarna2
jmp Masukan
rontok: JMP Prontok
Prontok:cls
gotoxy 25 12
mov ah,02h
mov dl,'A'
mov cx,26
huruf3:
int 21h
add dl,1
loop huruf3
mov ah,09h
mov bh,00h
mov bl,1
mov cx,26
repwarna1:
int 10h
add bl,1
loop repwarna1
mov ah,02h
mov dl,'A'
mov cx,26
repwarna3:
int 21h
loop repwarna3
MOV AX,0B800H
MOV ES,AX
MOV BX,3998
MOV CX,25
ULANGY:
MOV PosY,CL
PUSH CX
MOV CX,80
ULANGX:
CMP BYTE PTR ES:[BX],33
JB TdK
GESER PosY
TdK:
SUB BX,2
LOOP ULANGX
POP CX
jmp Selesai
Selesai:
INT 20h
END TData
- kemudian simpan dengan format .ASM
- kemudian tasm dan tlink/t file yang disimpan tadi seperti gambar dibawah ini
- kemudian test. maka ia akan tampil seperti gambar dibawah ini
enter cetak karakter warna untuk menampilkan karakter warna,
enter cetak karakter tidak berwarna untuk menampilkan karakter tidak berwarna, dan enter rontok untuk menampilkan semua karakter rontok dan enter selesai untuk keluar.